4 Jurus untuk Mengoptimalkan Muatan Sehat di Dalam Kopi

4 Jurus untuk Mengoptimalkan Muatan Sehat di Dalam Kopi

4 Jurus untuk Mengoptimalkan Muatan Sehat di Dalam Kopi, Salah satunya minuman yang sekarang sudah jadi satu pola hidup buat beberapa orang ialah kopi. Ada beberapa macam kopi yang pada sekarang ini gampang didapati di pasar.

Beberapa jenis olahan kopi modern sekarang makin terkenal di golongan golongan milenial, dari mulai sebatas campur susu, gula aren, boba sampai cincau. Sehat di Dalam Kopi, Kopi sendiri adalah tipe minuman yang sebenarnya mempunyai beberapa manfaat buat kesehatan. idn koper

“Kopi mempunyai beberapa manfaat buat kesehatan, diantaranya dapat kurangi masalah peranan otak, efek diabetes type 2, turunkan efek kanker, membuat perlindungan hati, sampai menahan stres,” kata pakar gizi dari Mayapada Hospital Kuningan, Ika Setyani, dikutip dari Di antara.

Mencuplik Fat Secret, dalam satu cangkir (240 ml) kopi hitam memiliki kandungan 2 kalori, lemak 0,05 gr, karbohidrat 0,09, serta protein 0,28 gr, muatan gula serta serat 0 gr. Tetapi menimbang beberapa bahan kombinasi didalamnya, masih amankah minum kopi modern?

“Kopi sebetulnya sehat, tetapi kadang bahan kombinasi didalamnya yang sering membuat kopi jadi menyusut manfaatnya, serta kemungkinan beresiko,” kata Ika.

Di bawah ini ialah aturan-aturan untuk bikin mengonsumsi kopi setiap hari bertambah lebih sehat.

Turunkan Gula

Salah satunya permasalahan yang sering ada saat minum kopi ialah tambahan gula yang condong terlalu berlebih untuk secangkir kopi. Saran Kementerian Kesehatan, mengonsumsi gula optimal ialah 50 miligram atau 4 sendok makan /hari.

“Semua makanan yang Anda makan itu memiliki kandungan gula, serta itu masuk ke hitungan angka kecukupan gizi, jadi gula yang berada di nasi atau karbohidrat lain masuk ke hitungan keseluruhan 4 sendok makan gula /hari,” kata Ika.

Minum Kopi Sesudah Makan

Walau pahit, kopi memiliki kandungan asam. Walau tingkat keasaman biasanya sekitar pada pH 5 serta aman dikonsumsi, tetapi minum kopi saat perut kosong tidak disarankan.

“Minum kopi harus sesudah makan. Minum kopi sebelum makan dapat tingkatkan kandungan asam lambung yang berbentuk korosif. Waktu belum makan asam lambung akan bertambah, asamnya semakin naik jika ditambah kopi,” jelas Ika.

Satu cangkir Satu hari

Seberapa banyak minum kopi dalam satu hari? “Kopi itu memiliki kandungan cafein tinggi serta karakternya diuretik (keluarkan cairan badan) yang diikuti dengan seringkali buang air kecil,” tuturnya.

Disamping itu, minum kopi terus-terusan, ditambah lagi tidak disertai dengan minum air putih yang banyak akan mengakibatkan dehidrasi. Satu studi mengatakan jika konsumsi optimal cafein /hari ialah 400 mg.

“Ingat jika cafein itu tidak hanya berada di kopi, tetapi ada juga di teh, cokelat, minuman energi, sampai minuman soda. Itu harus juga dihitung untuk caffein intakes /hari,” terangnya.

Jangan Imbuhkan Krimer

Krimer memang akan membuat rasa kopi bertambah creamy, tetapi ingat-ingatlah jika krimer memiliki kandungan lemak yang tinggi.

“Krimer itu ‘isinya’ lemak. Jadi saat banyak gunakan krimer di kopi, lemaknya makin banyak pula yang masuk di badan,” tuturnya.

Dalam 1 sendok teh kopi krimer bubuk memiliki kandungan 11 kalori yang mengandung lemak 0,71 gr. Sesaat keperluan lemak lima sendok makan (67 gr) /hari.

“Ini keseluruhan /hari ya, sedang umumnya orang gunakan krimer rerata lebih satu sendok teh, serta makanan mereka telah tinggi lemak, jadi berhati-hati lah,” jelas Ika.

Supaya kopi bertambah sehat, krimer dapat ditukar dengan bahan lain. Supaya masih lezat serta sehat, tukar krimer dengan susu non-fat, susu low-fat, susu kedelai, atau susu almond.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *