3 Hal yang Penting Dilaksanakan untuk Menahan Diabetes di Umur Muda

3 Hal yang Penting Dilaksanakan untuk Menahan Diabetes di Umur Muda

3 Hal yang Penting Dilaksanakan untuk Menahan Diabetes di Umur Muda – Pada periode sekarang, bermacam penyakit mulai dirasakan oleh beberapa anak muda. Bermacam permasalahan kesehatan yang awalnya dipandang cuman terjadi ke orang tua banyak mulai dirasakan anak muda, terhitung diabetes.

Dokter Danar Wicaksono dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sardjito Yogyakarta mengatakan ada tiga pilar untuk anak- anak muda yang gampang dimengerti tetapi sering terlewatkan untuk menahan penyakit diabetes yang disebabkan karena pola hidup tidak teratur. Ada juga ke-3  pilar itu adalah beristirahat cukup,jaga konsumsi gula, dan olahraga untuk membakar kalori.

“Pertama berkaitan beristirahat cukup, di periode serba hebat ini banyak anak muda yang menyukai habiskan waktu pada malam hari untuk begadang. Istirahat jadi tidak bagus dan pada akhirnya mengakibatkan metabolisme badan terusik,” kata Dokter Danar beberapa lalu.

Baiknya badan manusia memerlukan istirahat dengan rawan durasi 7- 8 jam sehari-harinya. Sepanjang istirahat atau tertidur pada malam hari, badan lakukan pembakaran kalori yang dari glukosa. Bila tidak diberi saat yang cukup, pasti makin banyak kandungan glukosa pada darah yang tidak bisa dibakar oleh badan dan mempunyai potensi mengakibatkan diabetes.

Pilar ke-2  ialah jaga konsumsi gula. Anak- anak muda disuruh untuk mengatur konsumsi gula melalui minuman dan makanan yang dimakan setiap hari. Berdasar riset dari Riskesdas 2019 oleh Kementerian Kesehatan RI didapat rutinitas orang Indonesia konsumsi minuman dan makanan manis condong tinggi. Terdaftar sekitar 61,3 % informan minum minuman manis lebih satu kali dalam sehari dan 40,1 % konsumsi makanan manis lebih satu kali dalam sehari. Walau sebenarnya sudah diketahui, diabetes bisa muncul karena gula pada darah tidak bisa diatur oleh badan.

“Konsumsi gula ini harus dikendalikan sama anak muda sekarang ini. Gula kan kalorinya tinggi ya, na h langkah termudah kontrol gula dengan hitung kalori setiap hari. Ada beberapa program kok saat ini untuk kalkulasi kalori, harus kita dapat semakin gampang mengatur konsumsi minuman dan makanan untuk konsumsi setiap hari,” kata Danar.

Keutamaan Olahraga

dr. Danar mengingati hal paling akhir yang perlu tetapi kerap terlewatkan untuk anak muda mempertahankan kesehatan badan ialah olahraga. Olahraga disarankan teratur dilaksanakan tiap hari untuk membakar kalori hingga tidak ada penimbunan lemak dan glukosa yang berlebihan pada tubuh.

Danar menyarankan supaya pada sebuah minggu minimal badan bisa diproses melalui olahraga minimum sama waktu 150 menit.

“Mager atau malas gerak ini peristiwa yang kerap kita dapatkan ya sekarang ini. Walau sebenarnya olahraga yang diperlukan badan kita tidak berat, olahraga juga selainnya untuk bakar kalori agar badannya tetap memproses glukosa pada darah dapat melepas hormon endorfin yang bawa kebahagiaan,”ucapnya.

Dia juga memberinya panduan supaya warga tidak terbeban untuk olahraga menahan diabetes di umur muda dengan dengarkan lagu saat olahraga dan mempersiapkan ‘cheat day’ pada sebuah minggu.

“Jika olahraganya sekalian dengarkan lagu yang dicintai dengan irama yang dapat dituruti badan, orang- orang condong dapat semakin rileks dan membuat badan santai. Lantas seterusnya pada sebuah minggu siapkan 1 atau dua hari untuk menjeda kegiatan rutin olahraga hingga tidak terbeban,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *