4 Jenis Smartphone Berdasarkan Sistem Operasi dan Bentuknya

4 Jenis Smartphone Berdasarkan Sistem Operasi dan Bentuknya

Jenis Jenis Smartphone Berdasarkan Sistem Operasi dan Bentuknya, Perubahan tehnologi sekarang ini, semakin hari makin cepat dan maju. Beragam jenis tehnologi baru memulai memasuki ajang dunia dan usaha memancing ketertarikan tiap orang untuk memakai tehnologi itu. Ini pasti benar-benar baik untuk gerakan ekonomi tiap negara. Makin tinggi ketertarikan seorang pada tehnologi itu, karena itu makin tinggi penghasilan ekonomi negara.

Di Indonesia sendiri juga tidak dapat disangkal jika tehnologi yang tersering dituruti perubahannya ialah handphone. Telephone pandai yang di jaman saat ini benar-benar digemari semuanya orang, dimulai dari anak-anak, dewasa sampai orangtua. Kecanggihannya benar-benar sangat menolong komunikasi jarak dekat atau jauh. Apa lagi diperlengkapi dengan program dan sejumlah fitur yang menganakemaskan pemiliknya untuk selalu menelusuri jagat maya.

Gerakan handphone tidak menanti perhitungan tahun untuk mengeluarkan tipe atau type handphone yang baru. Bahkan juga dalam setahun, satu merek handphone dapat mengeluarkan beragam type dengan feature yang berbeda dan dibrandol pada harga mahal. Untuk beberapa gadgetholic yang selalu ikuti perubahan handphone, mereka tidak ingin ketinggal untuk ikuti tren handphone yang baru.

Kadang karena sangat jumlahnya merek dan type handphone, beberapa konsumen sampai ketidaktahuan tentukan ingin beli handphone yang mana. Selainnya memerhatikan merek handphonenya, Anda harus juga memerhatikan banyak hal yang ada pada handphone. Untuk menolong Anda supaya membuat keputusan yang pas saat sebelum beli handphone, karena itu dalam artikel ini akan dibahas beberapa jenis handphone berdasar mekanisme operasi dan memiliki bentuk.

Berdasarkan Sistem Operasi Smartphone

Mekanisme operasi ialah satu mekanisme yang mengatur performa handphone supaya pemakai (pemakai) dan piranti sama-sama tersambung (piranti). Mekanisme operasi pada handphone disebutkan sistem operating mobile atau Mobile OS. Apa kerja dari mekanisme operasi handphone?

  • Menyajikan grafis antarmuka yang memungkinkan pengguna mengakses aplikasi yang sudah terinstal pada perangkat.
  • Mengatur tata letak icon aplikasi.
  • Mengelola akses telepon.
  • Mengelola konektivitas jaringan seluler dan nirkabel.

Bila kita flashback ke belakang, smartphone pertama kali dirilis pada tahun 1993 dan diberi nama IBM Simon. Namun untuk sistem operasi baru dirilis pada tahun 1996 oleh Palm Inc. dan diberi nama Palm OS. Walaupun kini Palm OS tidak digunakan lagi, namu semenjak dirilisnya itu, mulailah muncul sistem operasi lain yang mendukung perkembangan ponsel hingga saat ini.

Berikut ini beberapa nama sistem operasi yang paling populer digunakan oleh perusahaan smartphone:

1. iOS Apple

iOS Apple cuman dipunyai dan diperkembangkan oleh Apple Inc. Selainnya merek Apple, tidak lagi ada handphone yang lain dapat memakai mekanisme operasi ini. Pertama kalinya iOS Apple diperkenalkan bernama iPhone OS yang dikeluarkan bersama dengan Apple iPhone di bulan Juli 2007. Pada tengah 2010, baru mekanisme operasi ditukar bernama iOS Apple.

Versi iOS dimulai dari iOS 1.0 sampai iOS 10. iOS 10 yang menjadi versi terbaru iPhone, baru diaplikasikan pada iPhone 7. Tetapi bagi Anda yang memiliki iPhone 5 dan 6 juga mempunyai kesempatan merasakan kecanggihan terbaru iOS 10 dengan cara meng-upgrade iPhone Anda.

Kelebihan iOS Apple:

  • Aplikasi yang bisa Anda unduh di Apps Store lebih berkualitas dibandingkan dengan sistem operasi lain.
  • Tersedia penyimpanan online di iCloud apabila ruang memori iPhone sudah penuh.
  • Keamanan data dan aplikasi sangat ketat sehingga kita tidak perlu khawatir tentang informasi yang tersimpan pada iPhone. Tingkat pembajakan aplikasi dan games juga sangat rendah dibandingkan dengan sistem operasi lain.
  • Harga jual kembali lebih stabil.

Kekurangan iOS Apple:

  • Harga jual saat masih baru terbilang lebih mahal.
  • Tidak terdapat bluetooth untuk berbagi file dengan perangkat lain.
  • Anda harus download iTunes terlebih dahulu bila ingin memindahkan data ke komputer.
  • Hanya ada penyimpanan internal dan tidak dapat dipasang memori eksternal atau SD card.

2. Android

Mekanisme operasi Android terbanyak digunakan oleh beragam merek smartphone , diantaranya Samsung, Asus, Xiaomi, Lenovo, dan lain-lain. Di Indonesia sendiri, Android lebih terkenal dibanding dengan mekanisme operasi lain. Android sebagai mekanisme operasi berbasiskan Linux yang diperkembangkan oleh Android Inc. dan dibeli oleh Google Inc. di tahun 2005.

Simbol Android ialah robot hijau yang memiliki makna jika handphone dengan mekanisme operasi Android dapat diubah performnya seperti keinginan Anda. Versus Android dinamakan makanan manis supaya gampang dikenang dan memberikan kesan-kesan unik. Makin tinggi versus android karena itu makin bagus sejumlah fitur dan kinerjanya. Berikut nama versus Android dari yang di-launching pertama sampai saat ini:

  1. Android 1.0 Astro
  2. Android 1.1 Bender
  3. Android 1.5 Cupcake
  4. Android 1.6 Donut
  5. Android 2.0 – 2.1 Eclair
  6. Android 2.2 Frozen Yoghurt (Froyo)
  7. Android 2.3 Gingerbread
  8. Android 3.0 – 3.2 Honeycomb
  9. Android 4.0 Ice Cream Sandwich
  10. Android 4.1 – 4.3 Jelly Bean
  11. Android 4.4 Kitkat
  12. Android 5.0 Lollipop
  13. Android 6.0 Marshmallow

3. BlackBerry OS

BlackBerry OS diperkembangkan oleh Research in Motion (RIM) untuk memberikan dukungan piranti BlackBerry yang sebagai produk dari RIM. BlackBerry OS memakai bahasa pemrograman berbasiskan Java dan sebagai mekanisme operasi yang pertama kalinya mengeluarkan push e-mail. Versus BlackBerry OS dari yang pertama sampai saat ini:

  1. BlackBerry OS 4.3
  2. BlackBerry OS 4.5
  3. BlackBerry OS 4.6
  4. BlackBerry OS 4.7
  5. BlackBerry OS 5.0
  6. BlackBerry OS 6.0
  7. BlackBerry OS 7.0

4. Windows Phone

Windows phone sebagai mekanisme operasi alternatif Windows Mobile yang diperkembangkan oleh perusahaan Microsoft. Penampilan antara wajahnya memakai bahasa desain Kekinian Model UI. Di tahun 2011, faksi Microsoft dan Nokia umumkan kerja sama antarkeduanya. Kerja sama itu hasilkan penyeluncuran Nokia Lumia dengan mekanisme operasi Windows phone. Selainnya Nokia, piranti yang memakai Windows phone salah satunya Samsung SCH-i600, Samsung Jack, HTC S710, Sony EXPERIA X1, Asus P30 dan LG.

Berikut ini versi yang teelah dirilis mulai dari Windows Mobile hingga Windows Phone:

  1. Pocket PC 2000
  2. Pocket PC 2002
  3. Windows Mobile 2003
  4. Windows Mobile 2003 SE
  5. Windows Mobile 5.0
  6. Windows Mobile 6
  7. Windows Mobile 6.1
  8. Windows Mobile 7
  9. Windows Mobile 8
  10. Windows Mobile 8.1
  11. Windows Mobile 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *