Langkah Cegah Kolesterol Meningkat Saat Lebaran

Langkah Cegah Kolesterol Meningkat Saat Lebaran

Langkah Cegah Kolesterol Meningkat Saat Lebaran – Di saat Lebaran atau hari raya Idul Fitri datang, beberapa orang alami pengubahan skema makan dari mulanya saat puasa. Salah satunya permasalahan kesehatan yang rawan dirasakan di saat lebaran ialah naiknya koleterol dalam tubuh.

Naiknya kolesterol di saat lebaran ini dapat dipacu oleh bermacam jenis hal. Ini muncul karena tingginya konsumsi santan, daging, dan kudapan tidak sehat.

sebenarnya, kolesterol sebagai seperti lemak yang memberikan energi pada sel. Salah satunya perannya ialah membuat hormon yang dibutuhkan badan. Sayang umumnya kolesterol malah dapat memacu timbulnya penyakit kardiovaskular.

Beberapa tindakan dapat kamu kerjakan untuk cegah kolesterol naik dengan cepat. Berikut beberapa langkah cegah kolesterol yang dapat kamu kerjakan.

Stop Merokok

Merokok dapat membuat kandungan kolesterol bagus di dalam badan turun sementara kolesterol jahat bertambah. Bila kamu mempunyai rutinitas merokok, seharusnya stop supaya kolesterol lebih konstan.

Teratur Olahraga

Olahraga sebagai kunci untuk menahan dan kurangi kolesterol tinggi dalam tubuh. Beraktivitas fisik sepanjang 40-60 menit dengan teratur baik menghindari dirimu dari kolesterol.

Jauhi Lemak Jemu

Makanan banyak mengandung lemak jemu membuat kolesterol jahat bertambah mencolok. Umumnya makanan semacam ini diketemukan dalam lemak daging, kuning telur, dan makanan kering. Awasi konsumsi lemak jemu 20 gr saja dalam satu hari untuk menahan kolesterol bertambah.

Jaga Berat Tubuh

Berat tubuh terlalu berlebih terkait dengan kolesterol. Sebelumnya, lemak yang kebanyakan mengganggu produksi hormon insulin. Hal itu yang selanjutnya memacu kolesterol tinggi dan penyakit diabetes.

Makan Banyak Bayam

Bayam menjadi opsi sayur yang menolong menangani permasalahan kolesterol tinggi. Bayam memiliki kandungan 13 formasi flavonoid yang menghindari badan dari kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis.

Makan Ikan

Ikan dengan asam lemak omega-3 dianjurkan untuk dimakan supaya kolesterol lebih teratasi. Oleh karenanya, tidak boleh malas makan ikan minimal 2x satu minggu supaya terbebas dari kolesterol tinggi.

Jejeran cara itu dapat kamu aplikasikan untuk menahan naiknya kolesterol. Disamping itu, mengaplikasikan pola hidup sehat dapat berguna untuk kesehatan badan keseluruhannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *